Posted by : zen 8 Feb 2015


(*post ini berisi sedikit curhatan penulis)

Pernah mendengar tentang soal HOTS? Atau kepanjangannya Higher Order Thinking Skill? Menurut kabarnya, soal-soal UN 2015 akan menggunakan standar soal HOTS. Berdasarkan pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies R Baswedan.

"Kalau UN hanya menghasilkan low order thinking skill, akan sama saja tidak ada peningkatan. Karena itu, kualitas soal UN akan ditingkatkan" (click to read the news)


Lalu bagaimana tingkatan soal HOTS itu?

1. Soal Pengetahuan C1
Merupakan tingkat paling rendah. Soal ini diperuntukkan untuk menguji kemampuan anda dalam mengingat materi yang Anda pelajari. Soal ini menuntut jawaban anda berdasarkan hafalan. Soal-soal ini termasuk klasifikasi mudah.

2. Soal Pemahaman C2
Untuk menjawab soal ini, anda harus memahami materi, bukan sekadar hafal. Agar anda dapat menjawab soal ini, Anda harus banyak berlatih. Soal-soal seperti ini termasuk klasifikasi sedang.

3. Soal Penerapan C3
Pada tingkatan ini, Anda dituntut untuk menerapkan prinsip dan konsep yang pernah anda pelajari, misalnya menerapkan rumus untuk memecahkan masalah. Sama seperti soal pemahaman, untuk menjawab soal seperti ini, Anda harus banyak berlatih. Soal-soal seperti ini termasuk klasifikasi sedang.

4. Soal Analisis C4
Ini soal klasifikasi sulit. Soal ini menuntut anda untuk melakukan analisis sebelum menentukan jawaban. Jika analisis anda tepat, jawaban anda pasti tepat. Sebaliknya jika analisis anda salah, jawaban anda pasti salah. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati terhadap soal semacam ini. Soal-soal analisis biasanya berupa tabel, grafik, bagan dan wacana.

5. Soal Sintesis C5
Untuk menyelesaikan soal ini, Anda harus beripikir keras. Anda harus memadukan berbagai pengetahuan yang anda miliki. Sama seperti soal analisis, soal ini umumnya berupa tabel, grafik, bagan dan wacana. Soal ini termasuk klasifikasi sulit.

Dari 5 tingkatan tersebut, soal C4 dan C5 tergolong sulit. Yang menurut wacananya akan diterapkan pada UN 2015. Untuk berlatih soal-soal seperti ini bisa anda cari di Google (*meski lebih banyak contoh soal untuk IPA dan Matematika) dan juga tersedia cukup banyak, jika mengalami kesulitan silahkan bertanya pada guru Anda.

PENULIS CURHAT PART 1:
Sebenarnya saya kurang tahu juga, apa soal dibawah ini termasuk soal HOTS atau bukan. Tapi, menurut saya ini merupakan salah satu soal HOTS karena bukan hanya sekedar menjawab dari fakta yang ditemukan di isi teks, namun isi teks tersebut juga harus dianalisis.

Soal ini saya ambil dari soal Try Out 1 saya pada hari Rabu (4/2/2015) kemarin. Dari informasi guru saya, soal ini merupakan soal Try Out dari Dinas di Surabaya pada tahun 2014. Berikut ini soalnya:


Q: Why did the supervisor punch Winarti on the back?

A. because she talked much
B. because she did not work correctly
C. because she worked carelessly
D. because she had daydreaming
E. because of her being lazy

Jawab dulu ya!

Kalau berdasarkan teks diatas, pasti jawaban yang akan dipilih kebanyakan orang pasti D. Karena di teks tertulis jelas "he punched her on the back after accusing her of daydreaming". Tapi, setelah saya check ke guru saya, menurutnya (kunci jawaban, entah kunci jawaban yang asli dari Dinas tersebut atau yang beliau buat) jawaban yang benar adalah B.

Nah loh? Kok bisa, bu! (*inner: what the--!?)


My teacher just be like this...


Demit! (*maksudnya damn it!)


Karena kalau dianalisa (menurut guru saya), Winarti, si pembantu, melamun ketika melakukan pekerjaannya sampai-sampai ketika menidurkan anak bosnya, wajah si anak tertutup oleh selimut. Hal ini yang menurut bosnya, Winarti membahayakan anaknya karena tidak dapat bekerja dengan baik.

Wallah! Dari situlah pilihan B menjadi jawaban yang benar. Jujur saja, waktu postingan ini dibuat, saya juga sempat googling, mencari berita tentang penyiksaan pembantu tapi kebanyakan memang tidak ada yang melakukan penyiksaan karena pembantunya melamun.

Baru dapat pencerahan pas buat post ini, orz, kenapa ga dari awal-awal? WHY BRAIN!! WHY!!?? KENAPA!!!?



Sebenarnya di TV juga pernah ada berita tentang penyiksaan pembantu karena melamun, meski jarang-jarang juga sih..



Sekarang setelah mendapat pencerahan, ya memang jawabannya harus B. Jawabanku sendiri sih D, aduh salah! Padahal daku kalau pelajaran bahasa Inggris nilainya tergolong bagus antara 80-90 (*jleb! bukan maksudnya nilai bagus tapi selalu benar, pasti pernah salah juga)


Q: Terus, bedanya dengan pilihan yang C apa? Tidak bekerja dengan benar dan ceroboh bukannya sama ya?

Menurutku sih, perbedaannya dari banyaknya kesalahan. Kalau bekerja tidak benar, mungkin dari awal, pekerjaannya sudah dilakukan dengan benar hanya saja terdapat beberapa kesalahan. Dan, kalau ceroboh menurut saya sudah dari awal (*mungkin juga dari persiapan) sudah melakukan kesalahan dan juga fatal.

Ceroboh lebih condong ke kata semborono atau asal-asalan.
Bekerja tidak benar lebih condong melakukan sesuatu dengan benar atau sungguh-sungguh namun masih terdapat kesalahan.

Berdasarkan teks, sebelum Winarti dipukul. Winarti sudah pernah mendapatkan kekerasan dari bosnya. Oleh karena itu, saat Winarti mengerjakan tugasnya yang berikutnya, (*dipastikan, menurut analisis) dia melakukannya lebih hati-hati. Jadi, jawaban yang pas adalah B.

PENULIS CURHAT PART 2:
Yah, sedikit curhat saja. Di paket soal Try Out 1 yang saya dapatkan, kebanyakan terdapat soal seperti ini, sampai-sampai katanya nilai Try Out 1 untuk Bahasa Inggris banyak yang anjlok, bukan hanya saya, kabarnya seluruh kelas 3 dan paling tinggi 68. (*anjrit).


Wallah, ini baru soal TO dari Dinas Provinsi, tahun lalu pula. Bagaiman untuk soal UN?

Yah, bukannya menakut-nakuti, ini berbagi pengalaman untuk pembaca aja (*yang masih SMA atau yang mau menghadapi UN) untuk lebih berhati-hati dalam menjawab soal. Apalagi soal UN 2015, menurut kabar akan disamakan dengan soal-soal HOTS. (*baca beritanya di link paling awal)

Dari pengalaman soal tadi, Nah, update tentang tema berita yang kurang trend atau hal-hal lain diluar pelajaran juga penting dan membantu dalam mengerjakan soal-soal seperti tadi juga. Semoga nilai buruk di ujian tidak terulang lagi ke saya dan para pembaca. AAMIIN!!!.

TAMBAHAN:
Sebenarnya saya juga suka baca berita seperti ini tapi untuk sekarang 'kan jarang-jarang ada berita penyiksaan pembantu dan yang ada hanya tentang Cicak VS Buaya.



CLICK: SOURCE 1 | SOURCE 2


(FOTO) NASI BUNGKUS BUAT YANG BACA DAN DOAIN!
*MAKASIH

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Total Pageviews

Popular Post

Pengikut

- Copyright © Ganti Judul -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -